Minggu, 09 Maret 2008

michael clayton

Rating:★★★
Category:Movies
Genre: Mystery & Suspense
adalah bekas jaksa wilayah yang disewa oleh sebuah firma hukum besar, untuk mengatasi masalah-masalah rumit. sering disebut sebagai 'Janitor' alias tukang sapu atau tukang bersih-bersih masalah biar hilang tak berbekas.
berbekal network yang luas, mr. clayton bisa melakukan semua. tidak heran kalau dia dikenal sebagai 'miracle maker' oleh mereka yang bergerak di bidang hukum dan sekitarnya.
sampai suatu hari muncul masalah. sahabat lamanya 'flip out'. kasus yang ia tangani yang menyangkut perusahaan farmasi besar, U-North, semakin rumit. pasalnya, bahan baku yang digunakan U-North terbukti membahayakan manusia.
inilah yang menyebabkan hati kecil sahabatnya itu mengamuk dan menuntut agar keadilan ditegakkan. meski ini berarti ia berbalik membela korban dan bukan U-North yang menyewanya.
tugas mr. clayton adalah membereskan masalah ini dan menyelamatkan nyawa semua orang. sahabatnya, perusahaan tempat ia bekerja... dan nyawanya sendiri.

lagi-lagi amerika 'sok perhatian' dengan masalah sosial dan lingkungan hidup. pertentangan nurani dan profesionalitas menjadi masalah utama di sini. juga tekanan dari pihak yang lebih kuat dan berkuasa, seperti film-film hollywood kebanyakan.

sebenernya film ini menarik. meski alur maju mundur ala sydney pollack membuat kita harus 'sok pintar' padahal ceritanya biasa aja. tapi melihat akting sederet aktor-aktor kawakan di sana, bikin ciut lagi...

buat yang nggak suka film politik, ngomong terus, alur muter-muter, mending nonton 27 Dresses aja...

4 komentar: